Laman

Kami Mengucapkan Terima Kasih atas Kunjungannya ke Situs resmi

Selamat Datang ke Web Site Opini DPD KSPSI SUMUT

Opini dan Pemberitaan yang ada di Situs ini bertujuan Hanya Untuk Informasi Belaka. Media Opini dan Pemberitaan yang di Buat Oleh DPD KSPSI hanya untuk Informasi dan Komunikasi Keluarga Besar KSPSI dan Seluruh SPA yang berafiliasi ke KSPSI. Informasi yang tersedia di situs ini hanya untuk menampilkan Opini dari teman-teman KSPSI dan SPA di Sumatera Utara dan Tidak Kemungkinan Juga Dari Teman-Teman Serikat Pekerja / Buruh yang ada dan juga menampilkan Pemberitaan dari Surat Kabar dan lain-lainnya yang berhubungan dengan Pekerja ;
Dan Bagi Masyarakat umum yang Berkunjung Kami Ucapkan Banyak Terima Kasih.
Semoga Apa Yang Kami Informasikan berguna Dan bermanfaat bagi Kita semua;
DPD KSPSI Sumatera Utara dapat dan boleh, menurut kebijakannya, menghapus atau mengubah atau memperbaiki seluruh informasi ini dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan lebih dulu.

Jumat, 17 Februari 2012

ILO: SPSI Terkenal di Seluruh Dunia

17/02/2012 19:35
Riski Adam Liputan6.com, Malang: Senior Specialist Workers Activities Organisasi Buruh Sedunia (ILO) Kantor Regional Asia Pasific yang diwakili Mr. Shigeru Wada menjelaskan nama Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), wadah organisasi pekerja terbesar di seluruh Indonesia ini telah terdengar bahkan dikenal di seluruh dunia dalam memperjuangkan hak para pekerja.

"Nama SPSI itu sudah terdengar di seluruh dunia dan sudah sejak lama sekali. Walaupun dalam perjalannya ada kendala-kendala, tapi nama SPSI adalah simpul serikat pekerja di seluruh Indonesia," ungkap Mr. Shigeru Wada dalam pidato pembukaannya dalam Kongres VIII Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) di Kota Batu, Malang, Jawa Timur, Jumat (17/2).


Pria asal Tokyo, Jepang ini juga menjelaskan bahwa nama SPSI juga sudah melekat di benak para pekerja internasional yang menilai bahwa nama SPSI bagaikan merek kendaraan bermotor yang tak lepas dari negara yang memproduksinya. "Seperti saya orang Jepang di mana di Jepang kalo bicara sepeda motor maka yang dikenal namanya Honda, kalau di Indonesia bicara masalah pekerja maka itu yang kita kenal adalah SPSI," tuturnya.


Shigeru menjelaskan kehadirannya ke Kongres VIII KSPSI ini bukan hanya mewakili organisasi pekerja internasional (ILO) saja, tetapi juga bersilaturahmi bersama teman lamanya, yakni SPSI. "Kehadiran saya kemari adalah bukan hanya sekadar mewakili ILO, tapi SPSI merupakan teman sejak lama, jadi saya cukup lama sekali yang saya ingat tahun 1998," imbuhnya.


Ia menjelaskan regenerasi kepemimpinan serikat pekerja melalui kongres ini adalah hal penting bagi setiap negara khususnya Indonesia. Sebab, menurut dia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menghadiri konferensi internasional pekerja di Jenewa, Swiss, di hadapan lebih 183 delegasi negara dunia menyampaikan pidato luar biasa dalam peningkatan kesejahteraan para pekerja.


"Presiden SBY mendeklarasikan bahwa Indonesia tidak akan memberikan upah buruh murah. Beliau juga menegaskan bahwa Indonesia juga terus mempromosikan peningkatan
skill untuk meningkatkan upah pekerjanya. maka dengan upah meningkat maka ekonominya juga akan meningkat. Dan itu juga yang dipromosikan oleh ILO dalam beberapa tahun terakhir ini," paparnya.

"Capaian beberapa tahun terakhir ini melalui lembaga tripatritnya, yaitu pengusaha, pemerintah, dan pekerja melakukan nota kesepahaman lapangan pekerja. Di dalam pakta lapangan pekerja tersebut dipromosikan akan memberikan lapangan pekerjaan dan upah layak," tambahnya. Di pakta lapangan tersebut benar-benar didominasi oleh serikat pekerja ketimbang pengusaha. "Saya percaya serikat pekerja dan buruh akan mempertahankan pakta lapangan pekerja itu untuk kesejahteraan ke depan," pungkasnya.(BJK/ANS)